UPACARA PENGULAP NGAMBEAN

Putu Candra Susila Astawa 13 Agustus 2018 08:52:16 WITA

Kemaren 12 Agustus 2018

Staf Beserta Prajuru Adat desa Mengening melaukukan Upacara Pangulap Ngambean Dan Juga Ngeteg Linggih pada dasarnya pelinggih yang kemaren kena bencana gempa akan diperbaiki atau dibenarkan tempatnya.

Tujuan untuk memulihkan kembali kekuatan atau unsur-unsur kestula sariranya. Bilamana yang sudah dijelaskan bahwa orang yang pernah mendapat sengkala atau jatuh berarti salah satu kekuatan atau unsur badan wadagnya berpindah.

Bertitik tolak pada buku usada tiwas punggung menyebutkan manusia mempunyai 10 kekuatan yang mana nanti akan tergabung menjadi satu, sehingga manusia bisa bergerak, berpikir, dan berbuat. 10 kekuatan mikrokosmos adalah sbb: Sang, Bang, Tang, Ang, Ing, Nang, Mang, Sing, Wang, Yang. Kesepuluh rumusan kekuatan mikrokosmos dapat disaring menjadi 5 kekuatan, yaitu: Mang, Ang, Ong, Ung, Yang. Dari ke-5 unsur juga dapat di peras kembali menjadi 4,yaitu: Ang, Ung, Mang, Ong. Selanjutnya dari ke-4 ini diciutkan kembali menjadi 3 bentuk/wujud. Antara lain: Ang, Ung Mang.

Dari persenyawaan ini (Ang, Ung Mang) akan melahirkan rwa bineda atau 2 hal yang bertentangan yang terdapat di kedua mata kita. Mata sebelah kiri terletak aksara ang dan sebelah kanan terletak aksara ah. Ang dan Ah bila disatukan akan menjadi OM, yang merupakan sebutan Sang Hyang Widhi.

 

Komentar atas UPACARA PENGULAP NGAMBEAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

JAM DIGITAL

kalender bali

Lokasi MENGENING

tampilkan dalam peta lebih besar